Cerita tentang hubungan antara Islam dan sains dapat dipandang dari
berbagai perspektif, mulai dari sosiologis ke sejarah dan dari metafisik
ke ilmiah. Metodologi yang digunakan untuk cerita ini tergantung
tentang bagaimana seseorang mempersepsi sifat hubungan antara Islam dan
ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, penting sekali memperhatikan keadaan
awal di mana akan diceritakan dalam buku ini.
Pertanyaan tentang perspektif dan metodologi menjadi lebih penting
dalam beberapa tahun terakhir, karena sejumlah besar kerja teoritis
diterbitkan oleh para sarjana yang bekerja di bidang ilmu pengetahuan
dan Kristen di Barat telah membentuk suatu model tertentu untuk
menyelidiki isu yang berkaitan dengan interaksi antara ilmu pengetahuan
dan agama, dan model ini tampaknya telah mendapatkan penerimaan umum.
Model ini dapat disebut “entitas dua model”, ilmu pengetahuan dan agama
dijadikan sebagai dua entitas yang terpisah. Kedua entitas ini yang
secara definitif berbeda kemudian terpisah satu sama lain dan
memungkinkan berbagai modus interaksi, seperti “konflik”,
“independensi”, “dialog”, dan “integrasi” (Barbour, 2000).
Bagaimanapun,
varietas ini adalah dalam model dua entitas; dengan kata lain, cara ini
menjelaskan hubungan antara sains dan agama dengan menganggap bahwa
“ilmu” dan “agama” adalah dua entitas terpisah yang memiliki sejumlah
kemungkinan mode interaksi. Masing-masing mode dapat dibagi lagi menjadi
berbagai kemungkinan klasifikasi dan dinilai menurut tingkat interaksi
yang kuat atau lemah, tetapi model itu sendiri masih berlabuh di dasar
paradigma yang menganggap entitas dua fenomena yang terpisah dan
berbeda.
Model dua entitas berkembang dari latar belakang budaya, sejarah, dan
nilai ilmiah tertentu, serta didukung oleh episode sejarah dari
interaksi antara sains dan Kristen di dunia Barat. Akan tetapi, sekarang
sedang diklaim bahwa model ini bersifat universal dan dapat digunakan
untuk memahami hubungan antara semua tradisi ilmiah dan semua agama
(Barbour, 2002).
Walaupun model ini telah dikritik karena memiliki
kekurangan, kritik itu sendiri sebagian besarnya masih dalam kerangka
dua entitas (Cantor dan Kenny, 2001). Karena ilmu pengetahuan seperti
yang kita mengerti hari ini umumnya dianggap buah dari Revolusi Ilmiah
Eropa pada abad ketujuh belas dan karena tradisi ilmiah ini secara
khusus memiliki serangkaian konflik dengan Kristen, maka “model konflik”
mendapatkan kredibilitas di dunia ilmiah serta dalam pikiran umum.
Selain itu, karena ilmu pengetahuan diperanakkan oleh Revolusi Ilmiah
Eropa sekarang telah menyebar ke seluruh penjuru dunia, maka sejarah
interaksi antara ilmu pengetahuan dan agama juga disertai dengan
pemahaman tersebut: penyesuaian hanya dianggap penting oleh agama
Kristen, Islam, atau agama-agama lain di dunia.
Salahnya lagi, model ini diterapkan pula untuk interaksi historis
antara berbagai agama dan filsafat—misalnya, tradisi ilmiah Yunani,
Romawi, dan Islam. Hal demikian telah menjadi kebiasaan untuk mencari
contoh konflik atau kooperatifnya antara Islam dan tradisi ilmiah yang
muncul dalam peradaban Islam. Pendekatan ini tidak membuat perbedaan
antara ilmu pengetahuan pramodern dan modern sejauh landasan filosofis
mereka tidak berbeda jauh, meskipun terdapat perbedaan mendasar antara
pandangan dunia yang melahirkan dua tradisi ilmiah.
Dengan latar belakang ini, terlebih dahulu kita harus mengajukan
pertanyaan mendasar: apakah model dua entitas yang muncul dari latar
belakang budaya, sejarah, dan ilmiah tertentu benar-benar berlaku untuk
semua agama dan semua tradisi ilmiah?
Model ini hanya dapat berlaku untuk semua tradisi ilmiah dan keagamaan jika:
1. Sifat subyek ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan Tuhan dan
manusia harus dipahami dengan cara yang sama dalam semua tradisi agama;
2. Sumber teks-teks dasar dari semua agama adalah sejajar dengan
kitab sucinya dalam struktur epistemologis, metafisik, dan semantik; dan
3. Dasar-dasar ilmu pengetahuan di semua peradaban adalah sebuah elemen yang tetap sama selama berabad-abad.
Bagaimanapun, pada saat sekarang istilah ilmu tidak memiliki definisi
universal yang dapat diterima (Ratzsch, 2000:11). Selanjutnya,
pengertian alam maupun ilmu pengetahuan atau hubungan timbal balik
mereka diseragamkan di seluruh tradisi keagamaan atau dalam tradisi
tunggal selama berabad-abad. Model dua entitas menjadi sangat bermasalah
ketika kita mempertimbangkan perkembangan nilai dalam sejarah filsafat
ilmu. Kebanyakan filsuf sepakat bahwa apa yang sekarang kita kenal
dengan istilah ilmu bukan sebuah label homogen yang dapat diterapkan
pada penyelidikan alam dalam semua era dan semua peradaban: yaitu,
istilah ilmu terletak pada sejumlah konseptual khas peradaban yang
dibentuk oleh etos sosial, budaya, dan sejarah dari peradaban tertentu.
Apa yang dikenal sebagai ilmu pengetahuan hari ini umumnya dipahami
sebagai entitas yang dimulai pada abad ketujuh belas, dibangun di atas
teori dan eksperimen spektakuler oleh Galileo (1564-1642), Kepler
(1571-1630), dan Newton (1642-1727), dan kemudian mengakar kuat di
lembaga-lembaga sosial, ekonomi, akademik, dan budaya peradaban Barat.
Bahkan, kemunculan tradisi ilmiah ini telah mengubah konsep ilmu
pengetahuan yang ada sebelum abad ke tujuh belas. Banyak sejarawan
kontemporer cenderung menyatakan ilmu pengetahuan yang muncul sebelum
abad ketujuh belas dengan istilah kegiatan ilmiah dan sejak dua ribu
tahun pada masa Yunani sebagai “Filsafat Alam”.
0 komentar:
Posting Komentar